Monday, January 25, 2010

Kenapaaa?

Gw lagi terinspirasi bikin blog dari notes salah satu orang hebat yang penah gw kenal. Notes nya sih udah lama, gw juga rada-rada lupa sama isinya gimana, soalnya tadi gw nyari-nyari lagi notesnya ga dapet, tapi sih intinya kaya gini, jadi disitu dia nulis kenapa sih lo mau ikut berorganisasi? apa sih yang lo dapet dari organisasi, bukannya lo malah dapet banyak hal negatif ya? Waktu lo buat belajar jadi berkurang, waktu lo buat istirahat jadi kurang, bahkan saat liburan lo pun terpotong demi organisasi yang harus terus berjalan selama liburan. Gw ngerasain banget tuh apa yang dirasain oleh si penulis notes itu, gw ngerasa kadang saat menjelang ujian dimana temen-temen gw sedang mati-matian stress dengan ujian gw masi sibuk dengan proposal, lpj, juklak, apalah itu temen2nya. Waktu temen gw yang lain udah ngerasain indahnya tidur siang, atau jalan atau nonton bareng gw masi di kampus disibukan dengan rapat. Dan yang terakhir yang terjadi pada gw waktu liburan naik tingkat kemarin, saat temen2 gw lagi sibuk dengan liburan mereka, asyik berkumpul dengan keluarga, nyantai menikmati indahnya di rumah, gw masi bertahan atau sudah bertahan di KOTA jatinangor tercinta ini, demi sebuah kepanitiaan *2 buah deng* LKMM Nasional dan Ospek. Di notes itu si penulis mengingatkan kita *para pembaca* kembali tentang apa tujuan kita kenapa kita awalnya mau ikut berorganisasi. Gw sih sebenernya pas awal gw memutuskan untuk ikut organisasi gw ga punya alesan neko-neko sih, gw bukan seseorang yang sangat idealis saat itu, gw tidak memiliki alesan prinsipil yang dimiliki oleh orang-orang idealis yang merasa bahwa mereka ingin mengabdi pada masyarakat a.k.a Negara yang sudah meringankan biaya kuliah yang saat ini mereka gunakan atau demi alesan apa yang akan mereka perbuat dengan status MAHAsiswa. Alesan gw saat ini Cuma satu, mau ngembangin diri gw sendiri. Ya emang terkesan egois sih, tapi apa sih yang bisa dipikirkan oleh seorang anak berusia 17 tahun yang cukup lama tidak bersosialisasi dengan orang banyak? Gw ga punya idealism sama sekali saat itu, yang gw mau saat itu adalah gw dapet sesuatu yang bisa berguna buat diri gw sendiri, baik sekarang, besok atau, atau di kehidupan gw nanti saat menjadi dokter. Setahun gw menjalani 3 organisasi sekaligus dan banyak kepanitiaan, gw juga kaget saat kemarin pas pendaftaran aprm gw nulis CV gw ternyata udah banyak ada kepanitian yang gw jalanin. Tentunya gw udah dapet pengalaman dan ilmu dari semua itu. Rasa bosen terkadang muncul, rasa muak, eneg pun kadang ada dan lelah pun sering menghinggapi, tapi lamakelamaan alasan gw bertahan di organisasi menjadi lebih kuat, tidak hanya sekedar demi mengembangkan diri saja, tapi sudah ada alesan prinsipil. Gw ngerasa gw udah hidup 18 tahun di Negara ini. Gw udah ngehirup oksigen disini, makan makanan disini, minum air disini, menginjak tanah disini, masa ga ada sih sesuatu yang bisa gw perbuat sebagai wujud terimakasih gw, mungkin dengan berorganisasi dan melakukan kegiatan yang berguna bagi orang lain gw bisa sedikit membayar rasa terima kasih gw kepada Negara ini. Setelah setahun gw berorganisasi, entah itu di senat, cimsa, maupun dkm ga banyak yang bisa gw certain apa yang udah gw dapet sampe saat ini, tapi dari sedikit hal yang gw dapet itu sudah merubah hidup gw khususnya dalam manajerial dengan sangat signifikan. Dan gw percaya, apa yang akan gw dapet tidak akan terlihat dalam jangka waktu deket itu, apa yang gw dapet akan berguna nanti dalam jangka waktu panjang. Itu juga yang penulis tulis dan tekankan pada orang-orang pembaca notesnya. Hal ini juga yang membuat gw untuk terus bertahan di organisasi yang gw jalani saat ini dan memperpanjang masa jabatan gw. Gw percaya bahwa jabatan itu bukanlah sebuah kedudukan melainkan sebuah tindakan. Gw yakin dengan jabatan yang gw dapat sekarang gw bisa melakukan sebuah tindakan yang bermanfaat. Pengabdian adalah sesuatu yang sangat mulia. Pengabdian sepanjang masa menuju cita-cita mulia :)

No comments:

Post a Comment